Modul 2 Pengelolaan Buku NonTeks Topik Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya



Berikut ini pembahasan soal post test Modul 2 Pengelolaan Buku NonTeks Topik Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya


1.Sebelum buku dipajang di rak buku, berikut ini hal yang perlu dipastikan, kecuali….

A.Buku sudah diberi cap

B.Buku sudah memiliki nomor panggil

C.Buku sudah tercatat di buku inventaris

D.Agar sekolah dapat memenuhi standar ragam koleksi buku untuk akreditasi perpusatakaan

Jawaban : D. Buku sudah diizinkan kepala sekolah untuk dipajang


2.Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih rak untuk memajang buku, kecuali?

A.Rak yang digunakan adalah rak yang terbuka

B.Rak yang digunakan harus terbuat dari bahan-bahan daur ulang

C.Rak yang digunakan disesuaikan dengan ketinggian rata-rata peserta didik

D.Rak yang digunakan tidak terdapat bagian-bagian yang membahayakan

Jawaban : B. Rak yang digunakan harus terbuat dari bahan-bahan daur ulang


3.Pengadaan buku dapat dilakukan dengan apa saja, kecuali .....

A.Belanja menggunakan SIPLAH atau beli langsung di luar jaringan

B.Menggunakan SIPLAH atau mencari dari platform buku digital

C.Belanja menggunakan SIPLAH, beli langsung, atau mencari dari platform buku digital

D.Beli secara langsung atau mengunduh lalu mencetak dari buku-buku digital

Jawaban : D. Beli secara langsung atau mengunduh lalu mencetak dari buku-buku digital


4.Berikut adalah tugas-tugas dari pustakawan, kecuali ....

A.Melakukan pendataan pemutakhiran buku-buku

B.Memonitor perkembangan membaca peserta didik

C.Mengelola kegiatan perputaran buku-buku

D.Melakukan perawatan terhadap buku-buku yang rusak

Jawaban : B. Memonitor perkembangan membaca peserta didik


5.Berikut ini adalah keuntungan belanja menggunakan SIPLAH, kecuali ....

A.Transparan

B.Harga pasti dan tidak bisa ditawar

C.Pertangungjawabannya jelas

D.Mudah prosedurnya

Jawaban : B. Harga pasti dan tidak bisa ditawar


6.Buku-buku dengan judul yang sama dapat ditata dengan posisi ditumpuk dengan tujuan untuk?

A.Memudahkan pembaca menemukan semua buku yang ada di rak

B.Memudahkan pendidik/pustakawan merawat buku yang rusak

C.Memaksimalkan ruang penyimpanan di rak buku

D.Menarik minat pembaca

Jawaban : C. Memaksimalkan ruang penyimpanan di rak buku


7.Langkah pertama yang dilakukan dalam mengelola buku adalah inventarisasi buku.

Pernyataan di atas adalah?

A.Benar

B.Salah

Jawaban: A Benar


8.Ibu Dita pada suatu kesempatan mengganti sejumlah buku yang ada di rak pajangan perpustakaan dengan buku-buku yang selama ini disimpan di rak penyimpanan. Tujuan utama Ibu Dita melakukan perputaran buku adalah .…

A.Memastikan agar buku-buku yang dipajang tidak cepat rusak

B.Memastikan agar buku-buku yang dipajang selalu terlihat bervariasi

C.Memastikan agar buku-buku yang disimpan tidak cepat kadaluarsa

D.Memastikan buku-buku yang dipajang hanya buku-buku yang sesuai dengan tema yang diajarkan

Jawaban : B.Memastikan agar buku-buku yang dipajang selalu terlihat bervariasi


9.Perpustakaan yang baik perlu menyediakan sistem peminjaman agar memotivasi peserta didik bersaing meminjam buku.

Pernyataan di atas adalah?

A.Benar

B.Salah

Jawabannya: B Salah


10.Cara meminjam buku kelas 1 dan 2 berbeda dengan kelas diatasnya dalam hal ....

A.Peserta didik kelas 1 dan 2 menulis sendiri informasi saat meminjam buku

B.Peserta didik kelas di atasnya menuliskan informasi untuk peserta didik kelas 1 dan 2

C.Pustakawan menuliskan informasi untuk peserta didik kelas 1 dan 2

D.Pustakawan mendikte apa yang harus ditulis peserta didik kelas 1dan 2

Jawaban : C. Pustakawan menuliskan informasi untuk peserta didik kelas 1 dan 2


11.Manakah pernyataan berikut ini yang tidak benar?

A.Buku digital sebaiknya dihindari agar peserta didik tetap membaca buku cetak

B.Buku digital yang tidak disarankan untuk dicetak bisa digunakan melalui proyektor

C.Kebijakan pembelian buku menggunakan dana BOS disesuaikan kebutuhan sekolah

D.Belanja buku menggunakan dana BOS disarankan menggunakan SIPLah

Jawaban : A. Buku digital sebaiknya dihindari agar peserta didik tetap membaca buku cetak


12.Tindak lanjut untuk buku yang terlambat dapat dilakukan dengan cara berikut ini, kecuali?

A.Siswa relawan mencari temannya yang belum mengembalikan buku dan memberitahu agar segera mengembalikan buku

B.Guru kelas menelpon orang tua peserta didik yang belum mengembalikan buku dan meminta untuk membantu mencarikan buku tersebut

C.Kepala sekolah menyebutkan nama-nama perserta didik yang belum mengembalikan buku saat upacara

D.Pustakawan menyampaikan ke guru kelas untuk mengingatkan peserta didik yang belum mengembalikan buku

Jawaban : C. Kepala sekolah menyebutkan nama-nama perserta didik yang belum mengembalikan buku saat upacara


13.Buku koleksi sekolah perlu memiliki ...

A.Cap penerbit

B.Cap asal buku

C.Cap kepemilikan buku

D.B dan C benar

Jawaban : D


14. Keterbatasan dana internal sekolah berdampak pada pengadaan buku. Apa yang bisa dilakukan sekolah?

A.Memanfaatkan proyektor untuk menampilkan buku dari platform digital saat kegiatan membaca

B.Melibatkan guru-guru untuk aktif memanfaatkan platform buku digital untuk mendukung kegiatan pembelajaran

C.Mengunduh sebanyak-banyaknya buku digital lalu mencetaknya

D.A dan B Benar

Jawaban : D


15.Langkah yang dilakukan selanjutnya ketika buku-buku baru datang di sekolah adalah buku-buku tersebut langsung dipajang di rak buku.

A.Benar

B.Salah

Jawaban : B. Salah


16.Agar belanja buku sesuai kebutuhan peserta didik, hal-hal berikut ini dilakukan, kecuali?

A.Melibatkan peserta didik ketika menentukan buku yang akan dibeli

B.Mengidentifikasi kebutuhan peserta didik

C.Menentukan variasi buku untuk semua jenjang

D.Membeli sesuai jumlah peserta didik

Jawaban : D. Membeli sesuai jumlah peserta didik


17.Saat invetaris buku, pengisian tanggal yang benar adalah?

A.Tanggal saat buku diterima oleh sekolah

B.Tanggal saat buku diterbitkan

C.Tanggal saat petugas di sekolah menginventaris buku

D.Tanggal saat buku dikirim dari pengirim

Jawaban : A. Tanggal saat buku diterima oleh sekolah


18.Pengertian dari buku deposit adalah?

A.Buku - buku yang disimpan dalam wadah tertentu dan digunakan sebagai acuan sumber informasi

B.Buku - buku yang menjadi cadangan dan disimpan untuk dipajang kemudian setelah jangka waktu tertentu

C.Buku - buku yang telah kadaluarsa sehingga harus dikeluarkan dari rak pajangan

D.Buku - buku yang jarang dipinjam oleh pembaca sehingga tidak lagi disimpan di rak pajangan

Jawaban : B. Buku - buku yang menjadi cadangan dan disimpan untuk dipajang kemudian setelah jangka waktu tertentu


19.Sosialisasi cara meminjam buku kepada peserta didik penting karena?

A.Peserta didik mengetahui sekolah mengizinkan peminjaman buku kepada peserta didik

B.Guru tidak perlu menyuruh-nyuruh perserta didik untuk meminjam buku

C.Peserta didik tidak tahu bagaimana meminjam buku

D.A, B, dan C Benar

Jawaban : D


20.Tindak lanjut untuk buku yang terlambat dapat dilakukan dengan cara berikut ini, kecuali?

A.Siswa relawan mencari temannya yang belum mengembalikan buku dan memberitahu agar segera mengembalikan buku

B.Guru kelas menelpon orang tua peserta didik yang belum mengembalikan buku dan meminta untuk membantu mencarikan buku tersebut

C.Kepala sekolah menyebutkan nama-nama perserta didik yang belum mengembalikan buku saat upacara

D.Pustakawan menyampaikan ke guru kelas untuk mengingatkan peserta didik yang belum mengembalikan buku

Jawaban : C. Kepala sekolah menyebutkan nama-nama perserta didik yang belum mengembalikan buku saat upacara


21. Nomor identitas buku dibuat secara fleksibil dengan alasan berikut ini kecuali?

A.Memudahkan sekolah mengelola buku

B.Sistem yang berlaku Perpusnas tergolong rumit bagi sekolah yang sumber dayanya terbatas

C.Sekolah tidak memiliki tenaga khusus yang berlatarbelakang pendidikan kepustakawanan

D.Peserta didik kesulitan memahami klasifikasi buku

Jawaban : B. Sistem yang berlaku Perpusnas tergolong rumit bagi sekolah yang sumber dayanya terbatas


22.Rak yang digunakan untuk memajang buku adalah?

A.Rak tertutup dengan pintu kaca

B.Rak dengan posisi terbuka

C.Rak tertutup yang ditempel di dinding

D.Rak dengan sekat-sekat antar ruang

Jawaban : B. Rak dengan posisi terbuka


23.Buku yang akan dipinjam harus dicatat dalam sistem peminjaman karena ....

A.Merupakan aset sekolah

B.Membantu sekolah melacak buku yang dipinjam

C.Membantu pembuatan grafik peminjaman peserta didik

D.Menambah poin akreditasi perpustakaan atau sekolah

Jawaban : B.Membantu sekolah melacak buku yang dipinjam


24.Berikut adalah kemudahan-kemudahan yang bisa didapat melalui penataan buku yang baik, kecuali ....

A.Peserta didik dapat menemukan buku dengan cepat

B.Pendidik atau pustakawan dapat dengan cepat melakukan perawatan apabila ada buku yang rusak

C.Pendidik atau pustakawan dapat memantau buku-buku yang beredar

D.Peserta didik dapat mengembalikan langsung buku yang dipinjam kembali ke rak

Jawaban : C. Pendidik atau pustakawan dapat memantau buku-buku yang beredar


25.Cap buku ditempatkan di....

A.Bagian awal

B.Bagian awal dan akhir

C.Bagian awal, tengah, dan akhir

D.Bagian tertentu sesuai kesepakatan sekolah

Jawaban : C. Bagian awal, tengah, dan akhir


26.Kebijakan BOS mulai tahun 2020 lebih leluasa, sehingga sekolah dapat menganggarkan pembelian buku sesuai kebutuhan.

Pernyataan di atas adalah....

A.Benar

B.Salah

Jawaban : A. Benar


27.Cara penyimpanan buku yang kurang tepat menyebabkan buku cepat rusak. Hal ini tidak akan mempengaruhi minat peserta didik untuk membaca buku.

Pernyataan di atas adalah....

A.Benar

B.Salah

Jawaban : B. Salah


28.Saat memodelkan cara meminjam buku, peserta didik dilibatkan dalam aktivitas tersebut agar ....

A.Ada partisipasi dalam kegiatan pembelajaran

B.Guru tidak memodelkan masing-masing peran

C.Peserta didik dimudahkan secara visual untuk meminjam buku

D.Tidak membebani pustakawan

Jawaban : C. Peserta didik dimudahkan secara visual untuk meminjam buku


29.Apa tujuan dari pemajangan buku dengan sampul menghadap penuh ke depan?

A.Menghemat ruang penyimpanan

B. Menarik minat dan perhatian pembaca

C. Mempermudah pendataan buku yang beredar

D.Mempermudah perawatan buku yang rusak

Jawaban: B. Menarik minat dan perhatian pembaca


30. Di dalam koleksi buku-buku bacaan yang ada di perpustakaan Pak Salim terdapat banyak buku dengan judul yang sama. Pak Salim bisa menata buku-buku tersebut dengan cara ….

A.Menumpuk buku-buku dengan judul yang sama dan mengusahakan sampulnya tetap jelas terlihat

B.Memajang semua buku dengan judul yang sama secara bersebelahan tanpa menumpuknya

C.Menempatkan buku-buku dengan judul yang sama pada setiap rak pajang

D.Menumpuk buku-buku dengan judul yang berbeda pada satu tempat

Jawaban: A.Menumpuk buku-buku dengan judul yang sama dan mengusahakan sampulnya tetap jelas terlihat



Demikian pembahasan Soal Post Test Modul 2 Pengelolaan Buku NonTeks Topik Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya Pelatihan Mandiri di platform Merdeka Mengajar (PMM).

Labels: info lainny

Thanks for reading Modul 2 Pengelolaan Buku NonTeks Topik Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya. Please share...!

0 Comment for "Modul 2 Pengelolaan Buku NonTeks Topik Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya"

Back To Top