Modul 3 Materi Pemanfaatan Buku Nonteks (Baru) dengan Kunci Jawabannya Menentukan Variasi Buku Terbaru


Modul 3 Materi Pemanfaatan Buku Nonteks (Baru) dengan Kunci Jawabannya Menentukan Variasi Buku Terbaru 


Soal 1. Ketika peserta didik membaca, guru berkeliling untuk memastikan beberapa hal di bawah ini, kecuali? 

A. Menanyai anak judul buku yang dibaca. 

B. Meminta anak menceritakan isi cerita yang sedang dibaca. 

C. Menanyakan kesulitan yang dialami peserta didik. 

D. Meminta peserta didik membaca beberapa kalimat pada halaman yang sedang dibaca. 

Jawabannya: D Soal 


2. Jurnal membaca bertujuan untuk ... 

A. Menentukan nilai di rapor 

B. Mencatat informasi terkait dengan buku bacaan 

C. Meningkatkan pemahaman peserta didik akan buku yang dibaca 

D. Mencatat peningkatan keterampilan membaca peserta 

Jawabannya: 


B Soal 3. Guru menggeser jari tangan/alat penunjuk di bawah setiap kata yang dibaca bertujuan untuk? 

A. Mengeja kata yang ditunjuk 

B. Memodelkan secara eksplisit kepada peserta didik arah dan cara membaca 

C. Membantu peserta didik yang mengalami kesulitan membaca 

D. Membantu pemahaman peserta didik 

Jawabannya: B 


Soal 4. Cara memajang buku di rak sudut baca adalah 

A. Ditata miring biar rapi 

B. Ditumpuk biar praktis 

C. Sampul menghadap ke depan 

D. Variasi miring, ditumpuk, dan menghadap ke depan 

Jawabannya: C 


Soal 5. Peserta didik lain yang sudah melakukan kegiatan membaca perlu menceritakan kembali atau meringkas apa yang telah dibaca. Pernyataan di atas adalah ... 

A Benar 

B Salah 

Jawabannya: A 


Soal 6. Pengecekan buku perlu dilakukan berkala oleh? 

A. Pustakawan sekolah 

B. Siswa Relawan 

C. Guru Kelas 

D. Semua siswa 

Jawabannya: A 


Soal 7. Di kelas Ibu Irma terdapat berbagai ragam bentuk jurnal membaca peserta didik. Ada yang berupa lembar isian, kartu buku, dan peta pikiran. Komponen yang dipertimbangkan Ibu Irma sehingga muncul ragam jurnal yang berbeda-beda di kelasnya adalah? 

A. Kondisi lingkungan belajar 

B. Kreatifitas peserta didik 

C. Produk hasil belajar 

D. Ruang lingkup materi pembelajaran 

Jawabannya: B 


Soal 8. Kegiatan membaca nyaring bertujuan untuk? 

A. Meningkatkan kelancaran membaca peserta didik 

B. Menciptakan pengalaman membaca yang menyenangkan bagi peserta didik 

C. Memodelkan fokus pengajaran tertentu 

D. Membantu peserta didik membaca kalimat-kalimat panjang 

Jawabannya: B 


Soal 9. Pada saat melakukan kegiatan membaca nyaring, Ibu Elsa ingin mengetahui pemahaman peserta didik selama kegiatan membaca. Hal apakah yang dapat dilakukan oleh Ibu Elsa? 

A. Mengajukan pertanyaan tentang sampul buku 

B. Mengajukan pertanyaan prediksi yang meminta peserta didik untuk menebak jalan cerita selanjutnya 

C. Membacakan buku dengan intonasi yang jelas 

D. Mengajak peserta didik untuk menirukan bunyi-bunyi menarik yang terdapat dalam buku 

Jawabannya: C 


Soal 10. Setelah melakukan kegiatan membaca bersama pertama kalinya, Bapak Hadi menemukan bahwa peserta didik masih belum memahami bagaimana bentuk kalimat yang lengkap. Pengajaran apa yang bisa Bapak Hadi fokuskan untuk mengatasi hal ini? 

A. Memfokuskan pada kelancaran membaca 

B. Memfokuskan pada pemahaman isi bacaan 

C. Memfokuskan pada penggunaan tanda baca dan huruf kapital 

D. Memfokuskan pada pembahasan kosakata baru 

Jawabannya: A 


Soal 11. Pengecekan buku perlu dilakukan berkala oleh? 

A. Pustakawan sekolah 

B. Siswa Relawan 

C. Guru Kelas 

D. Semua siswa 

Jawabannya: D 


Soal 12. Jadwal membaca mandiri di sudut baca diperlukan untuk … kecuali: 

A .Anak membiasakan membaca 

B. Anak memanfaatkan waktu luang dengan positif 

C. Anak patuh dengan kegiatan yang dibuat guru 

D. Anak mengembangkan kemampuan membaca 

Jawabannya: C 


Soal 13. Kegiatan membaca mandiri tidak berakhir begitu saja setelah selesai membaca. Hal baik apa yang bisa dilakukan selanjutnya? 

A. Memberikan kebebasan bagi peserta didik untuk melanjutkan membaca 

B. Memberikan tugas meringkas cerita yang telah dibaca 

C. Mengajak peserta didik berbagi hal menarik dari buku yang telah dibaca 

D. Meminta perwakilan dari peserta didik untuk menceritakan ulang cerita yang telah dibaca 

Jawabannya: C 


Soal 14. Peserta didik hanya menyimak dan membaca kata-kata yang ada dalam buku pada saat kegiatan membaca bersama. 

A. Benar 

B. Salah 

Jawabannya: B 


Soal 15. Buku-buku di sudut baca tidak perlu diinventaris karena hanya dimanfaatkan di dalam kelas. 

A. Benar 

B. Salah 

Jawabannya: A 

Soal 16. Diskusi setelah kegiatan membaca mandiri bertujuan untuk? 

A. Menguji pemahaman siswa 

B. Memanfaatkan waktu sebelum kegiatan berakhir 

C. Membantu peserta didik memahami cerita 

D. Memastikan peserta didik menyimak cerita dengan serius 

Jawabannya: C 


Soal 17. Berikut ini aktivitas tindak lanjut yang dapat disarankan kepada peserta didik setelah membaca, kecuali ... 

A. Mewarnai dari pola yang dibuat guru 

B. Berbagi cerita dari buku yang dibaca 

C. Membuat bahan kaya bacaan 

D. Bermain peran berdasarkan cerita yang dibaca 

Jawabannya: A 


Soal 18. Pada saat kegiatan membaca mandiri, Nina hanya mampu menyelesaikan beberapa halaman pada buku yang dibacanya dikarenakan waktu yang tersedia telah usai. Untuk itu pendidik dapat membimbing Nina untuk? 

A. Meletakkan buku kembali ke rak buku 

B. Mengisi jurnal membaca sebelum meletakkan buku kembali ke rak buku 

C. Melipat halaman buku sebelum mengembalikannya ke rak buku 

D. Melanjutkan kegiatan pada pelajaran berikutnya 

Jawabannya: B 


Soal 19. Buku merupakan bintang pada saat kegiatan membaca nyaring. Hal ini dapat diartikan sebagai? 

A. Buku merupakan bentuk penghargaan pendidik bagi peserta didik 

B. Buku harus dibacakan apa adanya, sesuai dengan teks yang tertulis 

C. Buku harus digunakan dengan baik 

D. Buku harus digunakan secara rutin 

Jawabannya: A 


Soal 20. Emi sudah dapat membaca dengan lantang dan lancar. Pada tahap selanjutnya, pendidik dapat mengembangkan keterampilan pemahaman Emi dengan cara …. 

A. Menginstruksikan Emi membaca kalimat yang panjang 

B. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang cerita yang sudah dibaca 

C. Memodelkan fokus pengajaran tertentu 

D. Memberikan tugas membaca mandiri sesuai dengan kemampuan membaca Emi. 

Jawabannya: D 


Soal 21. Berikut ini pernyataan mengenai peraturan sudut baca yang tidak benar 

A. Dibuat agar anak-anak tidak melanggar aturan 

B. Dipasang di area sudut baca dengan tulisan terbaca dan menarik 

C. Diajarkan sebelum anak-anak mengakses sudut baca 

D. Dibuat agar sudut baca berlangsung lama 

Jawabannya: A 


Soal 22. Durasi waktu peserta didik membaca mandiri perlu disampaikan sebelum kegiatan agar? 

A. Peserta didik dapat membaca cepat dan bisa mengambil buku lainnya 

B. Peserta didik memperkirakan kapan waktu membaca berlangsung dan bisa menyelesaikan bacaan 

C. Tidak ada pertanyaan dari peserta didik kapan waktu membaca selesai 

D. Mengkondisikan lingkungan membaca yang nyaman 

Jawabannya: B 


Soal 23. Bahan kaya bacaan yang baik adalah? 

A. Dibuatkan polanya terlebih dahulu untuk diwarnai agar tidak membebani peserta didik 

B. Dibuat oleh peserta didik berdasarkan buku yang telah dibaca 

C. Dibuat oleh peserta didik secara bebas tetapi warna-warni 

D. Sederhana sesuai kemauan peserta didik 

Jawabannya: B 


Soal 24. Ibu Dewi akan melakukan kegiatan membaca bersama di kelas bersama peserta didik. Berikut ini merupakan hal yang perlu dilakukan Ibu Dewi pada kegiatan sebelum membaca, kecuali …. 

A. Menyebutkan nama penulis dan ilustrator 

B. Mengajukan pertanyaan tentang tokoh, latar tempat, latar waktu 

C. Memodelkan membaca teks dengan lantang, lancar, dan berekspresi 

D. Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan latar belakang pengetahuan peserta didik tentang buku 

Jawabannya: A 


Labels: info lainny

Thanks for reading Modul 3 Materi Pemanfaatan Buku Nonteks (Baru) dengan Kunci Jawabannya Menentukan Variasi Buku Terbaru . Please share...!

0 Comment for "Modul 3 Materi Pemanfaatan Buku Nonteks (Baru) dengan Kunci Jawabannya Menentukan Variasi Buku Terbaru "

Back To Top